ABOUT ISLAM

Jumat, 22 Januari 2010

TIDAK ADA JAMINAN DARI MANUSIA

Tanggal 20 Januari 2010 nasabah bank di Indonesia dibuat khawatir oleh adanya berita kriminal tentang pembobolan ATM (Automatic Teller Machine) beberapa bank, di beberapa kota di Indonesia. Berita ini mengingatkan saya pada kisah istri saya beberapa bulan sebelumnya, yang terpaksa batal menabung di salah satu bank (syariah), karena diwajibkan membuka ATM. Padahal saat itu, istri saya sedang tidak berkenan membuka ATM.
Uniknya petugas bank tetap mendesak istri saya untuk membuka ATM. Selanjutnya, ketika istri saya tetap tidak bersedia membuka ATM, petugas bank dengan sombongnya membanggakan kecanggihan ATM. Dengan sombong petugas bank menyatakan, bahwa ATM dijamin aman. Bahkan dengan nada menghina, petugas bank menyatakan, bahwa nasabah yang tidak membuka ATM adalah nasabah yang ketinggalan zaman (kuno).
Allah SWT menjelaskan, "Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong, dan membanggakan diri" (QS.4:36). Untuk itu, Allah SWT mengingatkan, "Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang benar" (QS.9:119).
Sesungguhnya, penggunaan ATM baik-baik saja, sepanjang tidak disertai kesombongan dan keyakinan berlebih-lebihan terhadap kecanggihan teknologi ini. Termasuk, bila ATM menggunakan teknologi chip. Sebagaimana pesan Allah SWT, bahwa Allah tidak menyukai kesombongan (lihat QS.4:36).
Silahkan menggunakan ATM, tapi nasabah tetap harus berhati-hati, dan karenanya tetap harus terus menerus memohon perlindungan dari Allah SWT. Bila doa telah dipanjatkan, dan ikhtiar telah dioptimalkan, namun musibah tetap datang menimpa, maka ikhlaslah. InsyaAllah akan datang pengganti (rizki) yang lebih baik dan lebih berkah dari Allah SWT.
Ketahuilah, tidak ada jaminan dari manusia, karena yang dapat memberi jaminan bagi semesta alam hanyalah Allah SWT. Selamat berikhtiar...

Tidak ada komentar: