ABOUT ISLAM

Jumat, 12 September 2008

BODOH ADALAH SUATU KEBURUKAN

Allah SWT berfirman, "Apabila dikatakan kepada mereka (orang-orang munafik) , "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman!" Mereka menjawab, "Apakah kami akan beriman, sebagaimana orang-orang bodoh telah beriman?" Ingatlah, sesungguhnya merekalah (orang-orang munafik) yang merupakan orang-orang bodoh, tetapi mereka tidak mengetahuinya" (QS.2:13).
Furman Allah SWT tersebut menunjukkan, bahwa kebodohan dapat menjadikan seseorang melakukan kesalahan dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku. Hanya saja kebodohan yang dialami seseorang dapat dimaklumi, hanya jika dikarenakan faktor eksternal, atau faktor di luar dirinya yang tak mampu dikontrol oleh dirinya. Tetapi bila kebodohan itu terjadi karena faktor internal, misalnya karena yang bersangkutan tidak menghargai ilmu, pengetahuan, dan teknologi, maka kebodohan akibat hal-hal semacam ini tidak dapat dimaklumi.
Sikap menentang dan siap memperbaiki kebodohan, merupakan sikap penting, agar setiap manusia dapat cerdas memikirkan, mensikapi, dan berperilaku terhadap kebodohan. Bila kebodohan tidak diikuti dengan upaya perbaikan, maka kebodohan semakin menjadi-menjadi. Akibatnya terbentuklah umat yang bodoh, yang hanya menimbulkan keburukan bagi perkembangan Umat Manusia.

Tidak ada komentar: