ABOUT ISLAM

Jumat, 13 Februari 2009

MENSYUKURI NKRI

Seorang muslim hendaknya pandai bersyukur. Dalam konteks berbangsa dan bernegara, seorang muslim hendaknya bersyukur kepada Allah SWT, atas berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Suatu negara yang memposisikan segenap Bangsa Indonesia, dari Aceh hingga Papua, berada dalam kesetaraan.
Oleh karena itu, menjadi kewajiban muslim untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara ini, hingga akhir zaman. Inilah bentuk rasa syukur, kepada Allah SWT. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi muslim untuk tidak memberi kontribusi optimal, bagi kesejahteraan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Setiap muslim memang wajib berpegang teguh pada aqidah, ibadah, muamallah, adab, dan akhlak Islamnya, namun ia tetap wajib tenggang-rasa, dan toleran kepada elemen bangsa lainnya dari Bangsa Indonesia yang tidak beragama Islam. Konsepsi ini, bukanlah konsepsi pluralisme, melainkan konsepsi pluralitas, di mana setiap muslim mengakui adanya keaneka-ragaman suku, agama, ras, dan adat istiadat di Indonesia. Oleh karena itu, setiap muslim siap bergandeng-tangan dengan anggota Bangsa Indonesia lainnya, dalam memberi kontribusi optimal (rahmatan lil'alamiin) bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak ada komentar: