ABOUT ISLAM

Rabu, 25 Februari 2009

SPLIT PERSONALITY

Split personality, berarti kepribadian yang terbelah. Ia dapat terjadi pada tataran individu (seseorang), maupun pada tataran kolektif (masyarakat). Kondisi ini ditandai oleh ketidakmampuan penderita dalam mengintegrasikan dirinya. Pribadi penderita (seseorang atau suatu masyarakat) terbelah menjadi dua sosok yang boleh jadi bertolak belakang. Pada satu sisi dan kondisi tertentu, ia adalah sosok yang baik, cerdas, dan bertaqwa. Namun pada sisi dan kondisi yang lain, ia adalah sosok yang buruk, bodoh, dan fasik.
Fenomena split personality pernah diingatkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, ketika beliau berdiskusi dengan para sahabatnya. Rasulullah Muhammad SAW menyatakan, bahwa akan ada suatu masa (fenomena) di mana seseorang pada malam harinya adalah orang yang baik, namun pada siang harinya ia adalah orang yang buruk. Sebaliknya ada pula, seseorang yang pada malam harinya adalah orang yang buruk, namun pada siang harinya ia adalah orang yang baik.
Split personality menunjukkan ketidak-mampuan seseorang atau suatu masyarakat, dalam berpegang teguh pada nilai-nilai Islam. Orang atau masyarakat tersebut gagal melawan hawa nafsunya, yang mengajaknya pada kefasikan dan kebodohan. Orang atau masyarakat tersebut tidak mampu menQur'ankan pemikiran, sikap, dan perilakunya. Akibatnya, orang atau masyarakat tersebut hidup dalam suatu kondisi yang membahayakan syiar Islam, karena orang atau masyarakat semacam inilah yang akan memberikan label atau citra buruk pada Islam.
Oleh karena itu, setiap muslim (seseorang atau suatu masyarakat) hendaklah dapat melepaskan diri dari derita split personality. Caranya dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Islam, yang substansi dasarnya tertuang dalam Al Qur'an, dan dijelaskan dalam Al Hadist, serta diingatkan oleh para ulama.

1 komentar:

SL4v3Br4v31NSY4JJ1 mengatakan...

Assalamualaikum, terima kasih banyak kerana saudara sudi mengunjungi blog saya. Insya Allah dengan segala persiapan yg dilakukan oleh umat islam baik dari segi politik dan spiritual, akan membuahkan hasil iaitu, negara Islam, KHILAFAH. Ikuti juga blog saya ya!

Kalo mau tukeran link kok bisa mas?