ABOUT ISLAM

Jumat, 23 Januari 2009

KARAKTERISTIK MUSLIM

Muslim adalah seorang manusia (bila individual) atau suatu komunitas (bila kolektif), yang memiliki karakteristik tertentu, sebagaimana diungkapkan oleh Allah SWT dalam Al Qur'an, dan dijelaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW.
Ada tujuh point yang menjadi karakteristik muslim, yaitu: persyaratan, tanggung-jawab, tugas dan fungsi, hubungan kerja, identitas, tuntutan fisik, dan lingkungan sosial.
Pertama, persyaratan menjadi muslim terdiri dari kesiapan mempraktekkan Rukun Iman dan Rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Kedua, muslim bertanggung-jawab atas kemanfaatan alam semesta, sebagai sarana dan prasarana beribadah kepada Allah SWT.
Ketiga, ada tugas dan fungsi yang diemban oleh seorang muslim, yaitu: (1) menjadi mujahiddin atau pembela kebenaran, (2) menjadi uswatun hasanah atau teladan yang baik, (3) menjadi asabiquunal awaluun atau pendahulu dalam melaksanakan kebajikan, (4) menjadi sirajan muniran atau pencerah bagi manusia lainnya, dan (5) rahmatan lil'alamiin atau memberi manfaat optimal bagi alam semesta (termasuk manusianya).
Keempat, seorang muslim mampu melakukan harmonisasi hubungan kerja dengan muslim lainnya, agar terjadi sinergi antar muslim dalam memenuhi tugas dan fungsinya.
Kelima, muslim memiliki identitas yang khas, yaitu hanya memperTuhankan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.
Keenam, muslim dituntut memiliki fisik yang sehat, tegar, dan terlatih, karena seringkali kekuatan fisik sangat dibutuhkan dalam menegakkan kebenaran, dan menghancurkan kedzaliman yang dilakukan oleh Komunitas Iblis Internasional (Yahudi Israel, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan sekutu-sekutunya).
Ketujuh, muslim memiliki lingkungan sosial yang beraneka ragam, yang menuntut kemampuan antisipatifnya.

Tidak ada komentar: